Monday, 5 September 2016

Nih,5 Manfaat Tomat yang Baik untuk Ibu Hamil

Advertisement
Manfaat tomat untuk ibu hamil – Kehamilan merupakan salah satu hal menyenangkan bagi perempuan yang telah menikah karena mampu memberikan kebahagian tak hanya bagi dirinya namun juga keluarga. Oleh karena itu, Sembilan bulan masa hamil menjadi salah satu momen yang dijaga dengan baik demi keselamatan ibu dan janin.

Seorang calon ibu membutuhkan sedikit lebih banyak vitamin dan nutrisi dibandingkan perempuan biasa untuk memastikan bayi yang dikandung tumbuh dengan baik dan sehat. Anda yang merencanakan program diet selama kehamilan sebaiknya memasukkan tomat dalam daftar makanan wajib konsumsi untuk ibu hamil.

manfaat tomat untuk ibu hamil

Lalu, apa saja sih manfaat tomat untuk ibuhamil yang bisa didapatkan? Berikut adalah ulasan lengkap yang telah disiapkan oleh tim redaksi:
  • Vitamin C dan zat besi
Tomat merupakan sumber vitamin C, nutrisi esensial yang dibutuhkan ibu hamil selama masa kehamilan untuk membuat bayi dan ibu tetap sehat. Keberadaan vitamin C dalam tomat mampu membantu pertumbuhan tulang calon anak secara maksimal. Plus, vitamin C juga memiliki peran penting agar proses pembengtukan gusi bayi berjalan sempurna.

Selain itu, vitamin C dalam tomat juga memiliki peranan penting dalam membantu penyerapan zat besi yang dangat dibutuhkan sang ibu selama kehamilan. Dengan penyerapan zat besi yang baik selama masa kehamilan, Anda akan terhindar dari resiko anemia yang sering dialami oleh ibu hamil.
  • Alpha-Lipoic Acid
Salah satu khasiat tomat untuk ibu hamil dapat dilihat dari kandungan Alpha-Lipoic Acid yang dikandung buah berwarna merah ini. Keberadaan substansi ini membantu tubuh mengubah glukosa menjadi energy dengan baik, sehingga Anda terhindar dari kelelahan dan lesu serta membuat terasa lebih energik.

Manfaat tomat untuk ibu hamil juga bisa dirasakan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi karena buah ini juga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah. Bagi sang jabang bayi, nutrisi dalam tomat juga mampu membantu pertumbuhan rambut serta pengelihatan.
  • Mengatasi Hipotensi
Salah satu gangguan yang dialami pada masa kehamilan adalah hipotensi atau tekanan darah rendah. Penyebabkan terjadi hipotensi pada calon ibu dikarenakan janin semakin lama akan membesar dan mengakibatkan pembuluh darah besar tertekan dan membuat sistem darah menjadi meluas. Hal ini akan menyebabkan tekanan darah menjadi menurun.

Apabila ibu hamil terkena hipotensi, disarankan untuk mengkonsumsi tomat. Karena senyawa seperti bioflavanoid, likopen dan kadar garam di dalamnya dapat mengatasi permasalahan anda. Selain itu, tekanan darah menjadi lebih normal apabila dikonsumsi secara teratur. 

  • Melindungi Sel Agar Tidak Mudah Rusak
Manfaat tomat yang baik untuk ibu hamil selanjutnya yakni untuk melindungi sel-sel dalam tubuh calon ibu agar tidak mudah rusak. Karena di dalam tomat sendiri mengandung banyak likopen dan senyawa ini termasuk antioksidan yang berfungsi memerangi berbagai sel-sel yang membuat tubuh menjadi berfungsi tidak sempurna.

Menurut informasi yang dikemukakan oleh berbagai pakar kesehatan, apabila ibu hamil mengkonsumsi tomat maka akan meningkatkan daya tahan tubuh yang mengakibatkan tidak mudah lelah atau capek. Walaupun likopen bisa didapatkan dalam bentuk suplemen, lebih baik mendapatkannya dari bahan alami karena tidak ada efek samping yang dapat membahayakan bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. 

  • Meminimalisir Terjadinya Cacat Pada Bayi
Salah satu senyawa yang terkandung pada tomat cukup banyak yakni asam folat dan hal ini diperkuat oleh hasil dari penelitian yang dilakukan oleh University of Florida. Lalu apa sih manfaat asam folat sendiri bagi ibu hamil? Mungkin sebagian besar calon ibu tidak tahu khasiat yang terkandung pada asam folat ini.

Yups, salah satu manfaat tomat untuk ibu hamil lainnya yakni dapat meminimalisir terjadinya cacat pada calon bayi. Selain itu, asam folat yang terkandung pada tomat sendiri memiliki peran penting lainnya yakni untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak janin. Apakah anda ingin memiliki calon bayi yang cerdas dan pintar? Cobalah untuk mengkonsumsi tomat secara rutin agar khasiatnya bisa anda rasakan.


Banyaknya manfaat tomat untuk ibu hamil pastinya semakin membuat Anda yakin untuk memasukkannya dalam program diet selama kehamilan. Dalam perkembangannya, Anda bisa menyulap tomat menjadi berbagai olahan yang tentunya membangkitkan selera makan.

Anda bisa langsung memakan tomat segar langsung bila menyukainya atau dikombinasikan dengan buah atau sayur lain menjadi salad. Anda juga bisa menambahkan tomat dalam berbagai varian masakan favorit atau meminumnya dalam bentuk jus. Hmmm, mari hidup sehat dengan tomat ya bu. 
Nih,5 Manfaat Tomat yang Baik untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu