Friday, 3 March 2017

9 Manfaat Susu Kedelai yang Baik Bagi Ibu Hamil dan Janin

Advertisement
Advertisement
Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil – Saat masa kehamilan, para calon ibu pasti sangat membutuhkan makanan dan minuman yang bernutrisi serta bergizi untuk tumbuh kembang dan kesehatan janin. Para ibu hamil harus memperhatikan beragam makanan atau minuman yang masuk ke dalam perut agar nutrisi dapat tercukupi secara seimbang.

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan calon bayi dan ibu adalah protein dan kalsium karena akan membantu pertumbuhan tulang si bayi dan energi ibu dapat diisi kembali sehingga tak lemas setelah proses kelahiran.

Salah satu minuman yang mengandung nutrisi tersebut adalah susu kedelai. Penasaran apa saja manfaat susu kedelai untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil 

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Muda dan Janin

  • Membantu meningkatkan kecerdasan si calon buah hati
Susu kedelai tak hanya bermanfaat sebagai diet namun sangat baik untuk membantu perkembangan janin khususnya sel saraf. Susu kedelai mengandung asam folat dan nutrisi ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan bayi yang dikandung. Karena apda kacang kedelai memiliki senyawa asam folat yang membantu perkembangan syaraf calon bayi.
  • Menjaga Kebugaran Setelah Proses Kehamilan
Nutrisi yang terkandung pada susu kedelai cukup banyak seperti vitamin A, vitamin B dan Vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Salah satunya yakni dapat membuat tubuh tetap bugar serta prima setelah menjalani proses kehamilan yang cukup berat dan panjang.
  • Menjaga Indra Penglihatan serta Membantu Pertumbuhan Tulang Janin
Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil lainnya sebagai menjaga fungsi penglihatan calon ibu, karena pada jenis kacang-kacangan ini mengandung cukup banyak vitamin A. Selain menjaga penglihatan, vitamin A juga dapat membantu pertumbuhan tulang pada janin yang di kandung. Untuk itu, susu kedelai bisa dijadikan sebagai menu pendamping asupan gizi yang dibutuhkan sehari.
  • Penambah Energi  Bagi Ibu Hamil
Susu kedelai  juga memiliki kandungan karbohidrat yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh si calon ibu dan bayi yang dikandung.  Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur selama trimester kedua hingga ketiga saat kehamilan dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan tak mudah sakit.
  • Organ Tubuh Tetap Terjaga
Kandungan kedelai sangat membantu untuk menjaga kesehatan organ selama masa kehamilan. Nutrisi yang menjaga kesehatan janin serta ibu hamil yakni protein. Manfaat susu kedelai bagi bayi dapat didapatkan secara maksimal dengan calon ibu mengkonsumsi susu kedelai secara teratur.
  • Membantu Memerangi Kolesterol Jahat
Lemak nabati yang terkandung pada susu kedelai yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat berguna untuk memerangi kolesterol jahat serta mengatasi gangguan kesehatan yang disebabkan kolesterol dalam tubuh terlalu berlebih.
  • Memperlancar Proses Pencernaan
Susu kedelai memiliki manfaat bagi sistem pencernaan ibu hamil. Salah satu keluhan saat masa kehamilan yang banyak diderita oleh calon ibu lainnya yakni pencernaannya yang kurang lancar. Salah satu obat alami yang dapat mengatasinya dengan meminum susu kedelai, karena pada minuman ini mengandung serat yang cukup banyak dan membantu memperlencarkan pencernaan.
  • Sumber Vitamin E
Apa saja sih khasiat dari vitamin E untuk ibu hamil? Perlu diketahui bahwa vitamin E dapat meningkatkan ASI, meminimalisir keguguran, memberi antioksidan, meningkatkan kesuburan hingga dapat terhindar dari penyakit jantung. Calon ibu bisa meminum susu kedelai sebagai sumber vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Ibu Hamil Tidak Mudah Capek

Pada masa kehamilan, calon ibu biasanya lebih mudah lelah atua capek. Faktor penyebab kelelahan ini dikarenakan asupan karbohidrat belum tercukupi sepenuhnya. Salah satu asupan gizi untuk penambah karbohidrat bisa di dapatkan dari minuman olahan kacang-kacangan ini yakni susu kedelai. Apalagi saat awal kehamilan, wanita yang sedang mengandung sangat membutuhkan sumber energi agar melakukan kegiatan sehari-hari.


Hingga saat ini masih banyak dari calon ibu tak mengatahui manfaat dari minuman ini. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil tak dapat disepelekan karena sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan calon si buah hati.

Memang benar kacang kedelai cukup banyak manfaatnya bagi ibu hamil, namun dalam porsi yang normal. Karena bahaya kacang kedelai bagi ibu hamil cukup mengkhawatirkan yakni kesehatan janin menjadi terganggu bahkan parahnya lagi bisa mengakibatkan keguguran.

Hal ini diperkuat dengan adanya kandungan phytoesgen yang berasal dari tumbuhan kacang-kacangan ini. karena phytoestrogen dapat meningkatkan resiko keguguran. Apabila dikonsumsi pada saat trimester pertama akan mengakibatkan kontraksi yang cukup mengganggu pada rahim karena perekat pada janin masih belum tumbuh dengan sempurna.

Untuk itu, bagi ibu hamil dalam masa kehamilan pertama hingga ketiga diusahakan tidak mengkonsumsi kacang kedelai terlalu banyak atau dibatasi agar resiko keguguran dapat diminimalisir. Sampai ketemu di artikel menarik selanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan
6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!
9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil
9 Manfaat Susu Kedelai yang Baik Bagi Ibu Hamil dan Janin Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu