Monday, 29 August 2016

Pisang, Buah Ajaib yang Berkhasiat Untuk Ibu Hamil

Advertisement
Advertisement
Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil – Saat masa kehamilan, tubuh wanita akan mengalami perubahan. Biasanya berat badan akan berangsur-angsur bertambah sampai sembilan masa kehamilan. Bertambahnya berat badan pada ibu hamil disebabkan karena cairan ketuban, peningkatan sirkulasi darah dan bayi yang dikandung.

Untuk menjaga tubuh ibu dan janin diperlukan minuman dan makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhannya. Bagi ibu hamil yang ingin menginginkan tubuh yang ideal tak perlu melakukan diet, cukup dengan mengkonsumsi buah pisang secara teratur dan rasakan khasiatnya. Berikut kumpulan manfaat pisang untuk ibu hamil yang menarik untuk disimak!

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil
  • Kaya akan Asam Folat
Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat yang berguna untuk membantu perkembangan saraf otak dan tulang pada janin yang dikandung. Tak hanya itu, asam folat juga membantu untuk meminimalisir terjadinya kelahiran premature atau anak lahir dengan cacat.
  • Membantu Menyembuhkan Penyakit Maag
Apakah ibu hamil ada yang mengalami maag saat masa kehamilan? Cobalah untuk mengkonsumsi buah dengan tekstur cukup lembut ini. Manfaat pisang untuk ibu hamil kedua yakni sebagai obat alami mengatasi penyakit maag. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh asam lambung yang berlebih sehingga perut menjadi sakit yang disertai mual. Untuk itu, konsumsi buah pisang dapat mengatasi permasalahan anda.
  • Mengatasi Keluhan Anemia untuk Ibu Hamil
Salah satu keluhan yang biasa terjadi pada ibu hamil yakni anemia. Apabila dibiarkan akan mengakibatkan komplikasi saat kehamilan bahkan saat proses melahirkan. Anemia dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti buah-buahan dan sayuran.

Salah satu buah yang mengandung cukup banyak zat besi adalah pisang. Apabila ibu hamil mengkonsumsi buah pisang secara teratur akan menghasilkan hemoglobin dan mengurangi gejala anemia pada si calon ibu.
  • Memperlancar Sistem Pencernaan
Buah pisang kaya akan serat sehingga dapat mengurangi sembelit, perut kembung dan membuat pergerakan usus halus menjadi lebih maksimal tanpa meminum suplemen. Para ibu hamil dapat mengkonsumsi pisang apabila ingin melakukan diet namun tetap sehat.
  • Meminimalisir Terjadi Penyakit Kanker
Manfaat buah pisang bagi ibu hamil yang cukup baik lainnya yakni mencegah calon ibu terkena kanker, hal ini diperkuat dengan adanya senyawa antioksidan pada buah pisang. Fungsi dari antioksidan sendiri untuk membunuh berbagai sel yang dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker usus dan lainnya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu ibu hamil lebih baik memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran sehat agar tubuh tetap terjaga.
  • Sumber Zat Kalsium
Pisang merupakan buah ajaib yang memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Salah satu zat yang terkandung pada buah ini adalah zat kalsium. Bagi ibu hamil yang ingin membantu perkembangan tulang dan sistem saraf pada calon buah hati, usahakan mengkonsumsi pisang secara teratur.
  • Membuat Tekanan Darah Menjadi Stabil
Fluktuasi tekanan darah merupakan salah satu masalah yang perlu diperhatikan bagi ibu hamil. Menjaga tekanan darah secara alami salah satunya adalah diet sehat seperti perbanyak makan buah-buahan salah satunya pisang. Karena pada buah ini kaya akan kalium yang membantu dan menjaga tekanan darah saat masa kehamilan serta potasium di dalamnya dapat mengurangi kejang otot dan kaki terasa sakit pada wanita hamil.
  • Penambah Energi Alami
Pisang merupakan makanan yang memiliki peringkat tinggi dalam segi memberikan energi instan. Apabila ingin mendapatkan enegi yang lengkap, dapat mengkombinasikan dengan segelas susu. Pada buah ini memiliki tiga gula alami yakni fruktosa, glukosa dan sukrosa yang berperan sebagai sumber energi untuk segala umur tak terkecuali ibu hamil.

Manfaat pisang bagi ibu hamil lainnya yakni tidka mudah capek, karena saat masa kehamilan biasanya calon ibu mudah sekali lelah oleh sebab itu, cobalah mengkonsumsi buah ini. Buah pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh usus dan menjadi sumber energi bagi ibu hamil.

  • Membantu Mempertahankan Tingkat Kolesterol dan Gula Darah
Selama masa kehamilan, calon ibu harus memperhatikan tingkat gula darah dan kolesterol yang dimiliki, terutama bagi Anda yang terkena diabetes. Khasiat pisang dapat membantu mengatasi masalah ini, apabila ibu hamil mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu mempertahankan tingkat kolesterol serta gula darah menjadi lebih stabil.
  • Obat Stres Alami
Banyak orang yang tak mengetahui khasiat buah pisang ini sebagai obat stres alami yang cukup mujarab. Apabila ibu hamil mengalami stres yang berlebih maka akan beresiko pada kesehatan ibu dan bahkan mengakibatkan lahir prematur. Calon ibu dapat menyiasatinya dengan mengkonsumsi pisang, karena buah ini dapat mengurangi kecemasan serta stress yang berlebih.

Pada buah pisang sendiri terkandung potasium yang bermanfaat menormalkan detak jantuk serta mengirim oksigen agar kadar air pada tubuh dapat seimbang. Sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan tak cemas berlebih yang menyebabkan stress.
  • Antioksidan Alami
Vitamin C ternyata ada di dalam buah ajaib ini. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang membantu mengurangi proses penuaan dini pada ibu hamil. Tak hanya itu, Antioksidan ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bumil serta baik untuk calon bayi yang dikandungnya.
  • Membantu Mengurangi Mual
Khasiat buah pisang untuk ibu hamil lainnya yakni mengatasi keluhan mual. Pada masa kehamilan di trimester pertama atau bulan pertama, biasanya calon ibu mengalami mual yang berlebih. Untuk itu, konsumsilah pisang secara teratur karena dapat membantu mengatasi atau mengurangi perasaan mual pada kebanyakan wanita hamil.


Itulah beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil yang dapat kami sampaikan. Apabila anda tak begitu suka memakan langsung buah pisang, bisa mengkonsumsinya dengan campuran bahan makanan lainnya seperti dibuat es buah, kolak, atau bahkan kudapan yang enak namun bergizi.

Pisang, Buah Ajaib yang Berkhasiat Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu