Monday, 29 August 2016

Wow, Inikah Fungsi Asam Folat untuk Ibu Hamil?

Advertisement
Advertisement
Manfaat asam folat untuk ibu hamil – Mengarungi sembilan bulan masa kehamilan bukanlah hal yang cukup mudah dilakukan. Tentu saja terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk asupan nutrisi. Salah satu jenis substansi yang wajib masuk dalam program diet kehamilan Anda adalah asam folat.

Asam folat, yang juga dikenal sebagai vitamin B, memiliki cukup banyak manfaat bagi perkembangan calon jabang bayi. Apa saja sih manfaat asam folat untuk ibu hamil beserta sang janin? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini:
Manfaat asam folat untuk ibu hamil

Beragam Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

  • Menghindari Spina Bifida
Salah satu khasiat asam folat bagi ibu hamil adalah menghindarkan sang janin dari spina bifida. Gangguan ini sendiri merupakan kelainan bawaan serius yang terhadi ketika tulang belakang janin tidak terbentuk dengan sempurna (cacat tabung saraf). Perkembangan tulang belakang tak sempurna ini tentunya menggangu sang calon jabang bayi karena berpotensi menimbulkan gangguan motorik dan sensor saraf tubuh.

Asam folat dalam perkembangannya memiliki peranan penting dalam membantu pertumbuhan tulang belakang. Asupan asam folat bagi ibu hamil yang cukup tentunya akan membuat bayi terhindar dari resiko cacat tersebut.
  • Mencegah Kerusakan Otak
Manfaat asam folat untuk ibu hamil yang paling penting yakni membantu perkembangan otak pada janin yang dikandung. Apabila asupan asam folat pada sehari-hari tercukupi, selain membanut perkembangan otak, asam folat dapat meminimalisir kasus cacat saat lahir. Untuk itu, konsumsi makanan yang mengandung asam folat pada asupan gisi sehari-hari ibu hamil.
  • Membantu menghindari anemia
Salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai alasan memasukkan asam folat dalam program diet Anda adalah karena kemampuannya membuat darah tetap segat dengan membantu pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Anda yang kekurangan asam folat baik ketika hamil maupun tidak dapat beresiko mengalami folic acid deficiency anemia yang berakibat pada kelelahan tubuh secara berlebihan.

Asam folat selain dapat membentuk sel darah merah ternyata juga membantu mekanisme pertahanan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena asam folat juga menjadi salah satu substansi penting dalam pembentukan sel darah putih.
  • Meminimalisir Terkena Depresi
Apakah ibu hamil sering depresi atau ingin mencegahnya? Cobalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat seperti sayur-sayuran berwarna hijau tua. Ada beberapa kasus, saat masa kehamilan, tidak sedikit dari ibu hamil mengalami fase depresi. Apabila hal ini dibiarkan saja, maka akan berdampak buruk pada janin yang dikandungnya. Untuk itu, manfaat asam folat bagi ibu hamil yakni membantu menurunkan dan mencegah terjadinya depresi pada ibu hamil.
  • Mempertahankan kecantikan
Perubahan hormone selama kehamilan terkadang membuat kulit terlihat kusam dan rambut menjadi kering. Jika Anda mengalaminya, maka hal ini dapat disiasati dengan pengonsumsian asam folat yang cukup.

Menurut gofolic.org, asam folat terbukti mempu merangsang pertumbuhan sel baru dan menjada kelembapan jaringan tubuh. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan kulit dan rambut yang sehat meski tengah dalam kondisi hamil.
  • Pertumbuhan Sel dan Jaringan Lebih Maksimal
Asam folat sendiri merupakan vitamin B yang bisa larut pada cairan atau air dan sering kali ibu hamil tidak suka memakan sayur di menu makanan sehari-hari yang membuatnya kekurangan asam folat. Sebenarnya asam folat sendiri memiliki fungsi penting untuk pertumbuhan janin yang dikandung serta pembelah sel pada tubuh. 

Selain itu, cepat atau lambatnya pembentukan jaringan-jaringan tubuh dipeharuhi oleh makanan yang dikonsumsi. Usahakan memakan makanan yang mengandung banyak asam folat di dalamnya, agar pembentukan jaringan tubuh lebih cepat dan maksimal.



Manfaat asam folat untuk ibu hamil memang tak perlu diragukan lagi kebenarannya. Anda kini tinggal memasukkan substansi tersebut pada menu diet dengan menambahkan beberapa jenis makanan kaya vitamin B, seperti sayuran berwarna hijau tua, jeruk, kedelai, dan sereal. 

Pastikan untuk mengkonsumsi asam folat dalam sehari-hari. Pada ibu hamil sendiri disarankan kurang lebih 600 mkrogram (mcg) agar meminimalisir terjadinya cacat bayi. Yuk, hidup sehat demi keselamatan sang jabang bayi mulai sekarang.
Wow, Inikah Fungsi Asam Folat untuk Ibu Hamil? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu