Wednesday, 2 August 2017

Penting! Ini Dia Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Advertisement
Makanan sehat untuk ibu hamil muda – Banyak perempuan kehilangan nafsu makan dan mual pada trimester awal kehamilan. Meski merupakan hal umum dan menjadi salah satu tanda perubahan kehamilan, Anda tidak boleh membiarkannya terus-terusan  terjadi sebab janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Asupan nutrisi yang baik merupakan kunci kehamilan sehat. Untuk itu, tim redaksi tentangibu.com telah menyiapkan beberapa makanan sehat untuk ibu hamil muda berikut ini:


makanan sehat untuk ibu hamil muda

Daftar dan Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

  • Telur
“Anda akan mendapatkan banyak manfaat menakjubkan dari sebuah telur yang mengandung hanya sekitar 90 kalori”, ungkap Elizabeth Ward selaku ahli diet dan pengarang dari Expect the Best, Expect the Best, Your Guide to Healthy Eating Before, During, and After Pregnancy.

Telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin. Bukan hanya itu, makanan sehat untuk ibu hamil muda ini mengandung protein berkualitas yang penting bagi pembentukan protein sang jabang bayi.

Telur juga mengandung kolin yang akan membantu menjaga kesehatan otak, serta menghindari gangguan neural tube. Telur juga mengandung lemak omega 3 yang bagus bagi perkembangan otak dan visual.
  • Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran murah yang cukup mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern. Bayam sendiri merupakan makanan penting bagi ibu hamil karena mengandung asam folat cukup tinggi untuk mendukung perkembangan saraf buah hati.

Anda sendiri dapat berkreasi dengan berbagai olahan bayam sebagai menu harian, seperti sebagai satur atau campuran makanan. Anda juga bisa mencampurnya dengan buah berry dan membuat smoothies nikmat.
  •  Salmon
Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil muda trimester pertama yang patut dimasukkan dalam daftar menu adalah salmon. Ikan ini mengandung lemak omega 3 dan protein untuk perkembangan janin maksimal. Salmon juga masuk dalam jajaran ikan yang mengandung merkuri paling sedikit sehingga tidak akan mengganggu janin Anda.
Meski kandungan merkuri dalam salmon tidak membahayakan, namun Anda tetap wajib waspada. FDA (Food and Drug Administratio) di Amerika Serikat menyarankan agar ibu hamil tidak mengonsumsi lebih dari 400 gram ikan salmon per minggu.
  • Buah beri
Beri-berian (termasuk blueberries, raspberries dan blackberries) merupakan buah yang cukup sering dikonsumsi masyarakat. Buah jenis ini biasanya dapat ditemukan sebagai makanan ringan sehat atau sebagai tambahan untuk pancake dan sereal.
Meski memiliki ukuran cukup kecil, beri-berian ternyata cukup baik bagi calon ibu. Buah ini mengandung vitamin C, potasium, dan asam folat yang baik selama masa kehamilan. Beri-berian juga mengandung serat cukup tinggi sehingga dapat menghindarkan Anda dari konstipasi.
  • Kacang-kacangan
Anda yang tengah hamil muda dapat memasukkan segala jenis kacang-kacangan dalam menu diet harian. Hal ini cukup penting karena sumber makanan ini mengandung serat dan protein tinggi untuk mendukung perkembangan janin.
Kandungan serat tinggi dalam kacang-kacangan juga cukup baik bagi sang ibu karena mengurangi resiko konstipasi dan haemorrhoids. Makanan ini juga mengandung zat besi, asam folat, kalsium, serta zinc yang bagus bagi perkembangan janin.
  • Ubi
Ubi mengandung carotenoid yang diubah menjadi vitamin A saat berada dalam tubuh. Tentu saja, vitamin ini sangat diperlukan bagi janin untuk membantu partumbuhan dan perkembangannya selama berada dalam kandungan.
Ubi juga mengandung cukup banyak vitamin C, asam folat, dan serat. Tambahkan makanan ini dalam menu harian Anda selama masa kehamilan berlangsung untuk menjamin kesehatan sang buah hati.
  • Daging
Karin Hosenfeld selaku ahli diet dari North Dalas Nutrition menyatakan bahwa daging merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil muda karena memiliki kandungan protein cukup tinggi. Meski demikian, pilihlah daging dengan lemak rendah hingga 95-98% fat free yang baik.
Selain memastikan daging tersebut rendah lemak, pastikan pula bahan makanan tersebut dimasak dengan baik (matang). Hal ini cukup penting untuk meminimalisir perkembangan bakteri dan parasite seperti listeria, toksoplasma, maupun salmonella yang mungkin terkandung dalam daging kurang matang.
  • Sayuran dan buah warna-warni
Memakan sayuran dan buah berwarna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, hingga putih merupakan salah satu hal yang perlu dillakukan agar nutrisi jabang bayi terpenuhi. Jodi Greebel selaku konselor nutrisi menyatakan variasi sayuran dan buah-buahan cukup penting karena masing-masing warna pada dua sumber makanan tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral berbeda yang pastinya sangat dibutuhkan bagi sang jabang bayi untuk perkembangannya.


Salah satu kunci makanan sehat untuk ibu hamil muda bukan hanya terletak pada kandungan nutrisi sebuah sumber makanan, namun juga pada variasi asupan itu sendiri. Pada masa kehamilan, janin merasakan makanan melalui cairan amniotic sehingga semakin bervariasi makanan yang Anda konsumsi maka terdapat kemungkinan cukup besar sang bayi dapat menerima makanan tersebut setelah dilahirkan. Selamat menanti kelahiran buah hati ya.
Penting! Ini Dia Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu