Friday, 3 March 2017

9 Manfaat Buah Kurma Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil – Salah satu buah yang banyak di jumpai saat bulan ramadhan atau bulan puasa yakni kurma (Phoenix Dactylifera). Kurma sendiri merupakan buah yang berasal dari Negara Arab Saudi. Uniknya dari kurma yakni hanya dapat tumbuh di Negara yang memiliki iklim panas seperti Arab.

Walau bentuk pada buah yang memiliki rasa manis ini terbilang kecil, namun manfaat yang terkandung di dalamnya cukup baik untuk kesehatan. Ternyata, manfaat kurma untuk ibu hamil cukup banyak karena dalam buah ini memiliki banyak vitamin serta mineral yang terkandung di dalamnya dan berkhasiat untuk mengaja kesehatan ibu yang sedang hamil beserta janin yang dikandungnya. Penasaran, apa saja manfaat buah kurma untuk ibu hamil? Yuk, intip informasinya!

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Ibu Hamil, Janin dan Bayi

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Ibu Hamil
  • Membantu Menambah Energi Bagi Ibu Hamil
Glukosa yang terkandung di dalam buah kurma sangat baik bagi tubuh karena zat ini dapat menambah energi pada tubuh ibu hamil agar tak merasa cepat lelah.  Dalam satu butir buah ini telah mengandung 50-57% glukosa, 1,8-2 % protein dan serat mencapai 2-4%. Tak hanya baik bagi ibu hamil, namun untuk ibu yang telah melahirkan dianjurkan memakan kurma karena dapat mengembalikan energy yang terkuras saat proses melahirkan si buah hati.
  • Menjaga Kebugaran Ibu Hamil
Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil yakni untuk menjaga kebugaran wanita yang sedang hamil, karena pada buah ini mengandung cukup banyak Zinc. Senyawa ini memiliki peranan penting untuk menjaga kebugaran tubuh wanita hamil agar tidak cepat capek dan lemas. Karena tubuh ibu yang sedang hamil mudah sekali capek dan lelah.
  • Memperlancar BAB atau pencernaan untuk Ibu Hamil
Selain menambah energi, ternyata kurma juga dapat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan atau buang air besar. Setelah pasca melahirkan, ibu disarankan untuk mengkonsumsi kurma agar saat BAB lancar dan tidak mengedan yang dapat menyebabkan jahitan robek. Kurma sendiri mengandung citamin A, riboflavin, kalium, niasin dan serta yang cukup tinggi sehingga memperlancar pencernaan.
  • Produksi Asi Menjadi Lancar
Bagi ibu yang telah melahirkan si buah hati, tak ada salahnya mengkonsumsi bauh kurma. Karena dalam buah ini telah mengandung cukup banyak zat besi dan kalsium yang berfungsi untuk pembentuk ASI yang cukup baik. Serta Hormon oksitosin didalamnya bermanfaat untuk membantu proses persalinan.
  • Menurunkan Resiko Terkena Jantung Koroner dan Stroke
Salah satu penyakit yang berbahaya bagi ibu hamil yakni penyakit stroke dan jantung koroner. Untuk itu, ibu hamil perlu mengkonsumsi cemilan sehat untuk menjaga kondisi serta dapat melawan beragam penyakit. Tak ada salahnya, memakan kurma sebagai cemilan sehari-hari. Selain menyehatkan karena terbuat dari bahan alami, buah kurma juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung. Sehingga meminimalisir ibu hamil terkena penyakit jantung koroner dan stroke.
  • Membantu Mengecilkan Rahim
Hormon potuchsin yang terdapat pada buah kurma berfungsi untuk membantu mengecilkan pembuluh darah pada rahim sehingga rahim pada ibu hamil dapat mengecil kembali.
  • Pembentukan Gigi Lebih Cepat
Manfaat buah kurma tak hanya berguna untuk ibu hamil saja namun juga janin yang dikandungnya. Banyaknya kalsium yang terdapat pada buah berasa manis ini dapat membantu merangsang pembentukan gigi pada janin.
  • Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil
Glukosa yang terkandung pada buah kurma tak hanya untuk menambah energi bagi si calon ibu, namun dapat digunakan untuk mengatasi anemia. Gejala kekurangan darah atau anemia ini dapat disebabkan oleh beragam faktor. Untuk itu, untuk menjaga nutrisi dan gizi dalam tubuh ibu hamil, dianjurkan mengkonsumsi buah kurma.
  • Mempermudah Proses Persalinan
Pada buah kurma terkandung cukup banyak vitamin A di dalamnya, selain bermanfaat bagi mata, vitamin A juga dapat membantu memperbaiki jaringan postpartum. Sehingga proses persalinan dapat secara normal dan meminimalisir terjadinya infeksi pada saat proses melahirkan. Vitamin A juga sangat baik untuk pertumbuhan janin pada pengembangan paru-paru, jantung, mata, tulang, dan sistem sarah pusat pada calon bayi yang di kandung.


Itulah kumpulan manfaat kurma untuk kesehatan ibu hamil yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat yang terkandung pada buah ini. Bagi ibu hamil yang sedang mendekati melahirkan, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma agar persalinannya lancar.

Artikel Menarik Lainnya:
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan
6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!
9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil
9 Manfaat Buah Kurma Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu