Sunday, 21 August 2016

Mau Tahu Apa Saja Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil? Yuk, Intip!

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil – Sepertinya yang diketahui, para ibu hamil harus mencukup nutrisi agar janin yang dikandung bisa tumbuh dengan sehat. Salah satu bahan makanan yang cukup bermanfaat bagi si calon ibu adalah kacang hijau atau nama lainnya Phaseolus Aereus.

Kacang hijau sendiri, biasa digunakan sebagai bahan membuat bubur atau pudding. Walaupun memiliki bentuk yang cukup kecil, namun kandungan protein pada jenis polong-polongan ini memiliki protein nabati dan mineral yang cukup tinggi.

Nutrisi yang Terkandung Pada Kacang Hijau yang Baik untuk Ibu Hamil

  • Pada kacang hijau terkandung fosfor dan kalsium yang sangat baik bagi tulang. Apabila ibu hamil tak begitu menyukai susu, kacang hijau bisa menjadi salah satu alternatif asupan gizi bagi calon ibu dan janin yang dikandungnya.
  • Kacang hijau juga mengandung protein yang tinggi bahkan sebanyak 24%. Apabila asupan gizi yakni protein tak mencukupi, ibu hamil dapat menjadikan kacang-kacangan sebagai asupan alternatif protein nabati. 
  • Serat yang terkandung pada kacang hijau juga sangat baik bagi ibu hamil yang mengalami susah buang air besar.
  • Kadar lemak pada kacang hijau cukup rendah, sehingga makanan yang berasal dari olahan kacan hijau tidak mudah basi dan sangat baik untuk kesehatan jantung calon ibu.
  • Vitamin B1 yang terdapat di kacang hijau dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil, sehingga sistem kerja syaraf menjadi maksimal karena asupan gizi terpenuhi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  • Vitamin B2 merupakan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil karena dapat membantu penyerapan protein. Ibu hamil dapat mengkonsumsi kacang hijau sebagai memperlancar kerja syaraf tubuh.
Lalu apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil? Kali ini tim tentangibu akan membahas daftar khasiat jenis kacang-kacangan ini yang dapat menambah wawasan para calon ibu. Yuk, simak informasi lengkapnya.

Beragam Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil
  • Mencegah Lahir Cacat
Kacang hijau mengandung asam folat yang berperan untuk menjaga kesehatan janin agar terhindar lahir secara cacat, seperti kelainan jantung, bibir sumbing, atau jenis kecacatan lainnya. Oleh sebab itu, ibu hamil harus mengkonsumsi kacang hijau untuk menjaga kesehatan calon si buah hati.
  • Memenuhi Asupan Gizi
Protein yang cukup tinggi terdapat pada kacang hijau sekitar 24%. Bagi calon ibu, mengkonsumsi kacang-kacangan dapat digunakan sebagai alternatif sumber protein nabati yang cukup baik. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya yakni dapat melebatkan rambut saat calon buah hati dilahirkan. Karena salah satu sel pada rambut memerlukan asupan gizi protein dan bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kacang hijau.
  • Mencukupi Energi untuk Ibu Hamil
Ibu hamil akan membutuhkan energi saat masa kehamilan dan menyusui si buah hati. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada kacang hijau, merupakan pilihan yang tepat untuk mencukupi energi bagi ibu hamil.
  • Mencegah Osteoporosis Pada Ibu Hamil
Beberapa mineral yang terkandung pada kacang hijau yakni zat besi dan kalsium. Apabila ibu hamil mengkonsumsi rebusan air kacang hijau, secara tidak langsung mineral zat besi akan masuk dalam tuuh dan bermanfaatkan membentuk hemoglobin serta kalsium yang berguna untuk membentuk jaringan dan tulang pada janin yang dikandung.
  • Membantu Memperlancar Pencernaan
Apakah calon ibu mengalami sembelit atau susah buah air besar? Cobalah mengkonsumsi air rebusan kacang hijau. Apabila dikonsumsi secara teratur, bisa memperlancar dan menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil.
  • Makanan Rendah Lemak
Makanan atau minuman olahan kacang hijau memiliki kadar lemak yang cukup rendah dan membuatnya tak cepat basi. Manfaat kacang hijau sangat baik untuk kesehatan jantung ibu hamil karena lemak tak jenuh yang dimilikinya.
  • Memperbaiki Jaringan yang Rusak Setelah Melahirkan
Kacang hijau mengandung protein yang cukup tinggi dibandingkan bahan makanan lainnya seperti ikan, daging atau telur. Protein yang terkandung cukup kompleks dan membntu asam amino essensial dan non essensial sehingga ibu hamil wajib mengkonsumsinya.

Khasiat yang terkandung pada protein nabati di kacang hijau yakni membentuk dan memperbaiki sel-sel yang rusak sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi saat awal kehamilan. Baik untuk pertumbuhan bayi dan memperbaiki sel-sel jaringan yang telah rusak setelah melahirkan.
  • Memenuhi Kebutuhan Karbohidrat
Apabila ibu hamil mengkonsumsi makanan atau minuman olahan dari kacang hijau, akan memberikan efek kenyang cukup lama. Karena pada kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat kompleks lebih lama saat dicerna namun energi yang dihasilkan akan lebih stabil.
  • Vitamin yang Terkandung Cukup Banyak
Salah satu bahan makan yang sangat baik untuk ibu hamil yakni kacang hijau, karena mengandung beragam vitamin yang bermanfaat untuk calon ibu dan juga si buah hati. Vitamin yang terkandung pada kacang hijau meliputi A, B1, B2 dan C. Untuk Vitamin A sendiri memiliki fungsi untuk mencegah bayi lahir secara premature dan baik untuk kesehatan mata bayi yang di dapatkan dari ASI.

Sedangkan untuk vitamain B1 dan B2 sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayi, karena dapat menghilangkan rasa stress saat melahirkan serta membantu pertumbuhan jaringan. Untuk vitamin C yang terkandung pada kacang hijau berguna untuk meningkatkan kesuburan dan antioksidan bagi si calon ibu.

Setelah membaca beberapa manfaat kacang hijau yang sangat baik untuk ibu hamil serta janin yang dikandungnya. Tim redaksi ada beberapa tips untuk mengola kacang hijau menjadi bubur sehat dan dapat mencukupi nutrisi keseharian bumil. Yuk, simak cara pembuatannya:

Resep Bubur Kacang Hijau Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Pertama siapkan beberapa bahannya dan peralatannya, mulai dari panci, sendok kuah beserta kompor. Untuk bahannya sendiri, kita menggunakan kacang hijau kurang lebih 1/4 kg, gula pasir secukupnya, beras ketan 1 ons, santan 250 ml, air 500ml, garam secukupnya dan tidak lupa untuk siapkan daun pandan juga agar bubur kacang hijau nanti lebih harum.

Apabila sudah menyiapkan bahan dan peralatannya, saatnya membahas tentang cara membuatnya:
  • Kacang hijau dan beras ketan dimasukkan ke dalam panci yang berisikan air kurang lebih 500 ml dan tunggu hingga mendidih.
  • Setelah mendidih tuangkan santan, garam secukupnya, gula secukupnya dan daun pandan yang sudah disiapkan ke dalam panci aduk secara perlahan agar santan, ketan beras dan kacang hijau agar merata. 
  • Apabila sudah terlihat mengental, angkat dan sajikan selagi hangat. Bubur kacang hijau ini lebih nikmati disantap saat pagi atau sore hari.


Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil beserta resep bubur yang menyehatkan dari jenis biji-bijian ini. Apabila ingin mendapatkan semua manfaat yang terkandung pada kacang hijau, usahakan dikonsumsi secara teratur. Bagi calon ibu, bisa mencoba rebusan air kacang hijau apabila bosan dijadikan bubur atau pudding. 
Mau Tahu Apa Saja Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil? Yuk, Intip! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu