Friday, 3 March 2017

Penasaran Apa Saja Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil? Nih, Informasinya!

Manfaat alpukat untuk ibu hamil – Alpukat merupakan buah yang cukup dikenal orang dan memiliki nama lain Avokad, Apokat atau Avocado. Buah ini sebenarnya berasal dari Meksiko serta memiliki nama latin Persea Americana. Alpukat sangat cocok tumbuh pada daerah tropis seperti Indonesia, sehingga kita dapat dengan mudah menemuinya.

Buah alpukat mengandung kalian yang cukup tinggi dibandingkan pisang, serta buah ini kaya akan vitamin B, E dan K. Karena banyaknya kandungan gizi di dalamnya, buah ini dapat mencegah penyakit stroke, mengobati maag, menurunkan berat badan hingga mengobati batu ginjal. Selain berkhasiat untuk kesehatan, ternyata manfaat alpukat untuk ibu hamil cukup banyak. Mau tahu apa saja khasiatnya? Berikut informasinya!

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

manfaat alpukat untuk ibu hamil
  • Kulit Nampak Lebih Sehat
Selain enak dikonsumsi, buah alpukat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit pada ibu hamil agar terlihat lebih lembab. Saat wanita hamil, kondisi kulit akan menjadi lebih sensitif karena adanya perubahan hormon. Apabila ingin kulit nampak lebih cantik, lebih baik calon ibu mengkonsumsi buah ini.
  • Atasi Keluhan Mual saat Masa Kehamilan
Pada buah alpukat memiliki vitamin B6 yang cukup banyak. Lalu apa manfaat alpukat untuk ibu hamil? Vitamin B6 sendiri merupakan senyawa yang dapat menurunkan tingkat keasaman pada lambung ibu hamil lebih signifikan. Karena rasa mual yang diderita wanita hamil berasal dari asam lambung yang tinggi. Apabila bumil mengalami keluhan ingin muntah atau mual, cobalah untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin B6 ini.
  • Bahan Anti Penuaan Alami
Buah alpukat merupakan salah satu zat yang biasa terkandung pada produk krim anti penuaan agar ibu hamil nampak lebih cantik dan awet muda. Alpukat sendiri mengandung banyak vitamin serta zat yang dibutukan tubuh untuk membentuk jaringan kolagen pada kulit.

Salah satu zat yang terkandung pada alpukat adalah zat besi, fosfor, kalsium, kalium, zodium, vitamin B kompleks, E dan K. Wanita tak hanya dapat menjaga kecantikannya saat hamil, namun nutrisi yang terkandung pada alpukat sangat dibutuhkan oleh si calon buah hati.
  • Otak Janin Tumbuh Lebih Optimal
Tak hanya memiliki manfaat untuk ibu hamil saja, buah alpukat juga berkhasiat untuk janin yang dikandungnya. Terbukti bahwa asam folat yang terdapat pada buah alpukat dapat membantu perkembangan janin yang dikandung. Apabila bumil memakan buah ini secara rutin, maka asam folat yang terkadnung pada buah ini dapat membantu pertumbuhan otak janin agar kelak saat lahir menjadi anak cerdas.
  • Meminimalisir Gangguan Tulang pada Bayi
Selain membantu perkembangan otak, asam amino yang terdapat pada buah alpukat bisa meminimalisir terjadinya gangguan tulang pada bayi. Apabila ibu hamil kekurangan asam folat maka menimbulkan deformitas. Maksud dari deformitas meliputi gangguan rahang, pertumbuhan gigi susu yang terlambat hingga susunan gigi tidak teratur.
  • Pencegah Cacat pada Bayi
Apabila si calon ibu memakan buah alpukat, salah satu nutrisi yang didapatkan adalah Asam Folat (folid acid). Zat ini sangat penting bagi ibu hamil karena berfungsi untuk menghindari cacat pada otak si calon buah hati dan kerusakan pada sumsum tulang belakang wanita hamil.
  • Membantu Mencegah Spina Bifida pada Janin
Selain berguna untuk pencegah cacat pada bayi, ternyata Asam Folat yang terkandung pada buah alpukat berfungsi untuk mencegah spina bifida pada janin yang dikandung. Spina Bifida sendiri adalah kondisi dimana keluarnya jaringan saraf tulang belakang pada janin. Resiko tersebut dapat ditangani oleh zat asam folat pada buah alpukat.
  • Meminimalisir Terjadinya Penyakit Kompilasi
Manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya yakni mencegah serta meminimalisir terkena penyakit kompilasi. Asam folat pada buah alpukat dapat menjegah berbagai penyakit kompilasi yang menyerang ibu hamil seperti insomnia, anemia, preeklamsia bahkan perubahan suasana hati yang mudah berubah-ubah. Preklamsia sendiri merupakan gejala tekanan darah tinggi yang dialami ibu hamil. Salah satu penyebab kematian tinggi terhadap janin atau calon yang dikandung disebabkan karena keracunan. Bahkan kasus seperti ini telah terjadi pada kehamilan sebesar 5-8%.
  • Membantu Perkembangan Janin
Selain melindungi kulit agar tetap cantik pada wanita hamil, di dalam buah alpukat terkandung  vitamin B kompleks, kalium dan asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk tumbuh kembang janin selama masa kehamilan.

Nah, sudah tahu bukan, bahwa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil sangat baik demi si calon ibu dan juga janin yang dikandungnya. Apabila ada ibu hamil yang kurang suka memakannya secara langsung, cobalah untuk dijus. Tak hanya lebih segar, namun nutrisi di dalamnya dapat anda rasakan setelah mengkonsumsi buah ini. 
Penasaran Apa Saja Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil? Nih, Informasinya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu