Friday, 3 March 2017

Air Kelapa Muda, Minuman Sehat untuk Para Bumil

Advertisement
Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil - Apakah Ibu pernah mengalami dehidrasi pasca kehamilan? Pada masa kehamilan, khususnya pada saat hamil muda, calon ibu sangat membutuhkan air dalam jumlah banyak agar tak mengalami dehidrasi.

Untuk itu, tak ada salahnya jika Anda mulai mengonsumsi air kelapa untuk mencukupi kebutuhan ion dalam tubuh. Banyak penelitian yang membahas manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan hasilnya positif.

Menurut hasil riset, air kelapa muda tidak membawa pengaruh buruk untuk ibu hamil. Sebaliknya, air yang memiliki rasa manis ini sangat bermanfaat terutama untuk mencukupi kebutuhan air harian dan sebagai penghilang racun dalam tubuh bumil. Ingin tahu manfaat air kelapa muda khususnya untuk ibu hamil secara lengkap? Yuk simak!

Kumpulan Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil 

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

  • Berperan sebagai elektrolit alami
Kondisi kehamilan memang meningkatkan kemungkinan seorang wanita untuk mudah lelah. Salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya cairan yang masuk dalam tubuh tak sebanding dengan banyaknya cairan yang dikeluarkan. Hal itulah yang memicu seorang ibu hamil mengalami dehidrasi.

Dehidrasi selama proses kehamilan akan menyebabkan timbulnya masalah kesehatan diantaranya sakit kepala, edema, kram, bahkan dapat membuat kontraksi dan akan berujung pada persalinan prematur. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan meminum air kelapa.

Air kelapa berperan sebagai isotonik alami yang kaya akan mineral. Dalam air kelapa, terdapat kandungan elektrolit yang sama dengan elektrolit yang terdapat di dalam tubuh. Elektrolit dalam air kelapa itulah yang akan mengganti elektrolit tubuh yang hilang. (Baca artikel lainnya: Bolehkah Mengkonsumsi Yakult Bagi Ibu Hamil? Ini Jawabannya!)
  • Sistem Pencernaan Menjadi Lancar
Salah satu manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yakni meningkatkan sistem pencernaan untuk anak-anak, orang dewasa tak terkecuali wanita hamil. Pada masa kehamilan, salah satu hormon progesteron yang dihasilkan oleh plasenta dapat memperlambat kinerja lambung sehingga sistem pencernaan menjadi melambat. Untuk itu, ibu hamil dapat meminum air kelapa muda agar mempercepat proses pencernaan dan mengatasi sembelit atau susah buang air besar.
  • Memiliki sifat diuretik alami
Anda memiliki masalah dengan sistem urinasi? Jika iya, cobalah terapi dengan memperbanyak minum air kelapa, terutama air kelapa muda. Sifat dari air kelapa yang merupakan diuretik alami membantu melancarkan pembuangan urin beserta racun berbahaya yang mungkin masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, air kelapa juga terbukti mencegah infeksi saluran kandung kemih yang banyak terjadi pada ibu hamil. Jika infeksi ini sampai terjadi, tentunya akan sangat berbahaya, karena akan menyebabkan kematian untuk ibu dan bayi dalam kandungan.
  • Membantu meningkatkan jumlah HDL dalam tubuh
Jumlah hormon yang ada dalam tubuh harus seimbang, apalagi bagi ibu hamil yang ‘membawa’ buah hati bersamanya. Keadaan hormon ibu hamil yang tidak seimbang bisa membuat keadaan tubuh tak stabil. Keadaan ini juga mempengaruhi kandungan kolesterol yang ada dalam tubuh sehingga mengakibatkan denyut jantung meningkat.

Tingginya kolesterol akan memicu terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi yang banyak terjadi pada wanita hamil. Kondisi ibu dengan tekanan darah yang tinggi akan sangat berbahaya apalagi saat mendekati proses kelahiran.

Tekanan darah tinggi ini terutama banyak dialami oleh wanita yang akan memasuki trimester ketiga kehamilan. Maka dari itulah, ibu hamil yang memasuki trimester ketiga dianjurkan untuk minum air kelapa muda. Ini karena, air kelapa mampu meningkatkan jumlah HDL sehingga tekanan darah tubuh bisa stabil. (Baca juga: Mau Tahu Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil? Nih Informasinya!)
  • Tubuh Tidak Mudah Sakit
Senyawa asam laurat ternyata terkandung pada air kelapa muda, lalu apa khasiatnya? Senyawa ini dapat membantu tubuh agar melawan berbagai penyakit. Selain itu, senyawa asam laurat sendiri memiliki kesamaan seperti ASI. Maksudnya memiliki kesamaan sebagai antibakteri, antijamur dan antivirus agar kesehatan janin yang dikandung serta calon ibu dapat terjaga dari beberapa penyakit mematikan seperti HIV dan herpes.

Itulah beberapa manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil. Meskipun demikian, para ibu hamil tetap harus mengonsumsinya dalam jumlah yang normal. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik adanya.

Artikel Menarik Lainnya:
Kumpulan Doa Wajib Baca Saat Masa Kehamilan
6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil
6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Nih Informasinya!
9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil
Air Kelapa Muda, Minuman Sehat untuk Para Bumil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu