Friday, 20 May 2016

13 Manfaat Tersembunyi Melon untuk Ibu Hamil

Advertisement
Advertisement
Manfaat melon untuk ibu hamil - Melon yang disebut dengan nama latin Cucumis Melo ini adalah buah yang termasuk dalam keluarga labu. Buah yang kandungan airnya melimpah layaknya semangka ini merupakan buah favorit di Indonesia karena rasa segar dan manisnya

Rasa manis dalam melon ini membuat melon sering diolah menjadi berbagai macam smoothie atau dimakan langsung. Nah, di balik rasa segarnya ternyata manfaat melon sangat baik untuk Ibu hamil, lho.
Menjaga kesehatan ibu hamil dan bayinya memang tak mudah. Ibu hamil dengan kondisi yang tak menentu perlu asupan gizi yang cukup dan enak. Nah, melon dapat dijadikan salah satu buah bernutrisi tinggi yang patut dikonsumsi selama hamil. Yuk, simak ulasan lengkap mengenai manfaat melon untuk ibu hamil ini.

buah melon untuk ibu hamil

Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil dan Janin

  • Mengatasi Perubahan Mood
Morning Sickness yang ditandai mood tidak stabil kebanyakan besar dialami oleh ibu hamil terutama pada trimester awal masa kehamilan. Mood-swing ini biasa terjadi karena perubahan hormon pada ibu hamil serta kurangnya hormon serotonin sebagai hormone yang memicu rasa senang. Kandungan triptofan yang termasuk salah satu asam amino dalam melon dapat membantu meningkatkan produksi hormone serotonin dan memperbaiki suasana hati.
  • Mengurangi Rasa Mual
Manfaat melon lain untuk ibu hamil adalah dengan mengurangi rasa mual. Mual merupakan gejala lain morning sickness yang dialami oleh 70% wanita hamil. Melon mengandung serat yang dapat membantu mengurangi mual dan menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Nah, selain mengkonsumsi buah-buahan berserat tingi seperti melon, ibu hamil juga harus menghindari makanan yang kadar asamnya tinggi agar rasa mual dapat dikurangi.
  • Membantu Penumbuhan Tulang dan Gigi pada Bayi
Saat masa kehamilan, calon ibu dianjurkan mengkonsumsi makanan yang bergizi karena sangat penting untuk perkembangan calon bayi. Buah melon dikonsumsi selama kehamilan memiliki khasiat untuk membantu tulang kuat serta struktur gigi pada bayi, karena di dalam melon mengandung zat kalsium.
  • Pencegah Anemia pada Ibu Hamil
Salah satu cara yang cukup alami untuk mencegah anemia pada ibu hamil adalah mengkonsumsi melon. Buah ini mengandung zat besi yang membantu produksi hemoglobin dan sel darah merah yang mencegah anemia. Selain itu, aliran darah pada rongga rahim menjadi berlimpah akan oksigen yang berguna untuk janin yang dikandung.
  • Mengandung Karatenoid
Manfaat melon untuk ibu hamil lainnya yakni mengandung karatenoid yang memiliki fungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan bayi saat tubuh sedang sakit seperti kanker karena dapat mengancam kehidupan keduanya. Karatenoid biasanya banyak dijumpai tak hanya di melon saja namun berbagai buah dan sayuran.
  • Mengobati Pilek dan Flu
Vitamin C terkandung pada melon sangat ampuh untuk membantu keluhan yang cukup menjengkelkan saat kehamilan yakni pilek dan flu. Selain itu, vitamin C juga diperlukan sebagai pertumbuhan bayi agar sistem kekebalan tubuh lebih sehat.
  • Menangkal Cacat Bayi Saat Melahirkan
Melon mengandung vitamin A mencapai 0,03 mg dan sangat penting untuk pertumbuhan janin agar lebih sehat dan menangkal cacat bayi saat melahirkan. Selain itu, vitamin A pada buah melon dapat membantu mengembangkan fungsi paru-paru, jantung, ginjal, mata dan tulang untuk bayi serta calon ibu.
  • Mengurangi Heatburn
Heartburn adalah kondisi saat ibu hamil mengalami rasa panas atau tertusuk-tusuk di ulu hati. Biasanya, ibu hamil yang mempunyai penyakit maag lebih rawan terserang heatburn. Heatburn dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah melon. Hal itu karena melon mengandung kadar air hingga 90%. Dengan kadar sebanyak itu, melon dapat membantu meredakan rasa tak nyaman di perut dan ulu hati akibat heatburn.
  • Membuat Syaraf Menjadi Lebih Rileks
Salah satu keluhan yang sering dialami wanita hamil yakni mengalami stress. Hal ini disebabkan dari berbagai faktor, contoh saja saat mempersiapkan melahirkan anak yang dikandungnya. Apabila hal ini dibiarkan saja, maka akan berdampak buruk bagi mentalnya. Salah satu khasiat melon yang baik untuk ibu hamil yakni mengatasi stress. Karena pada buah melon terdapat superoksida yang dapat menormalkan tekanan darah serta membuat saraf menjadi lebih rileks.
  • Mengatasi keluhan Buang Air Besar yang Kurang Lancar
Setiap buah memiliki serat yang terkandung di dalamnya tak terkecuali buah melon. Lantas manfaat buah melon untuk ibu hamil sendiri sebagai obat alami untuk mengatasi keluhan buang air besar saat masa kehamilan. Apabila ibu hamil mengalami susah buang air besar, jangan dibiarkan saja karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan calon ibu dan janin yang kandung. Perhatikan juga makanan  yang dikonsumsi sehari-hari dan pastikan adanya serat yang cukup pada makanan tersebut.
  • Meminimalisir Obesitas
Perubahan terjadi saat masa kehamilan salah satunya adalah berat badan. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan janin yang dikandungnya semakin meningkat. Namun, bertambahnya berat badan juga memiliki dampak negatif apabila diatas normal. Karena beresiko kesulitan saat masa persalinan. Calon ibu dapat mensiasati agar tubuh dalam batas normal dengan memakan buah melon. Selain membantu memperlancar pencernaan, buah-buahan sangat baik untuk asupan gizi.
  • Menambah Sistem Kekebalan Pada Tubuh
Jenis karotenoid yang terdapat pada buah melon adalah beta karoten dan licopen. Kedua jenis karotenoid ini berkhasiat untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya, karena dapat membetuk sistem kekebalan serta meminimalisir terkena penyakit kanker.
  • Mengobati Saat Terkena Panas Dalam
Apakah bumil sedang mengalami panas dalam dan cukup mengganggu dalam keseharian anda? Cobalah memakan buah melon yang kaya akan vitamin dan dapat mengobati berbagai penyakit salah satunya panas dalam. Apabila ibu hamil terkena panas dalam, kami sarankan untuk menghindari beberapa obat-obat panas dalam karena di dalamnya mengandung senyawa yang memiliki efek sampik tidak baik apabila di konsumsi terlalu berlebihan.

Nah, ternyata manfaat melon untuk ibu hamil cukup banyak, ya. Buah segar kaya nutrisi ini ternyata juga baik untuk perkembangan janin. Karena, dalam 100 gram melon, terkandung 14,8 gram karbohidrat, 1,55 gram protein, 546 mili gram potassium, 5.706 Iu vitamin A, serta 75 gram vitamin C. Jika dilihat dari kandungan tersebut, gizi ibu hamil juga akan terpenuhi. Sampai jumpa di ulasan lainnya, ya.
13 Manfaat Tersembunyi Melon untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu