Wednesday, 24 August 2016

Apa Benar Musik Klasik Bermanfaat Untuk Ibu Hamil?

Advertisement
Advertisement
Hanya beberapa orang  yang mengetahui tentang manfaat lagu klasik untuk ibu hamil. Lagu-lagu klasik mempunyai nada atau tempo yang tenang serta beraturan. Hal ini yang membuat wanita hamil dan janin dapat lebih nyaman dan rileks.

Musik klasik untuk ibu hamil dapat mengubah perasaan cemas, depresi, letih yang berlebih bahkan stress. Rasa yang tidak nyaman saat masa kehamilan dapat diatasi dengan cara rutin mendengarkan musik klasik.

Pernyataan ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang dilakukan di College Nursing at Kaohsiung Medical Universty Taiwan. Dengan melibatkan 236 ibu hamil yang berada di trimester dua dan tiga, banyak ibu hamil yang merasakan manfaat mendengarkan musik terutama musik klasik. Untuk itu, kami akan menjelaskan tentang manfaat mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil

Musik klasik untuk ibu hamil

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Ibu Hamil dan Janin

  • Perasaan ibu hamil menjadi lebih rileks
Musik klasik yang memiliki tempo tenang dan beraturan akan membuat siapapun yang mendengarnya menjadi lebih rileks tak terkecuali wanita hamil. Dengan keadaan yang rileks akan mempengaruhi kondisi kehamilan.Selain itu, dengan bermain musik serta mengajak jani bernyanyi dipercaya dapat mendorong proses ikatan antara ibu dan anak.
  • Menenangkan Janin yang Dikandung
Selain membuat perasaan ibu hamil menjadi lebih rileks, musik klasik juga dapat menenangkan bayi. Apabila janin sering mendengarkan musik klasik, maka tidurnya tidak rewel dan lebih pulas. Selain itu, bagi bayi yang lahir prematur biasanya memiliki detak jantung yang tidak normal dan lebih cepat dibandingkan bayi lainnya. Untuk itu, cobalah mendengarkan musik klasik kepadanya agar detak jantung menjadi lebih normal dan tenang.
  • Merangsang pertumbuhan sel otak pada janin
Janin yang terbiasa mendengarkan musik klasik akan memiliki pertumbuhan sel-sel otak yang baik karena pertumbuhannya dirangsang secara baik. Jangan sampai ibu hamil sibuk sendiri saat musik klasik diputar, agar mendapatkan manfaatnya dengan baik seharusnya ibu hamil dalam kondisi tak melakukan aktivitas.
  • Membantu janin lebih aktif
Musik klasik untuk ibu hmail dapat mendorong janin agar lebih aktif bergerak. Irama yang dimiliki musik klasik sangat mirip dengan detak jantung sang ibu. Sehingga syaraf motorik bayi akan lebih aktif dalam bergerak.
  • Membantu Ibu Hamil Berkomunikasi dengan Janin yang Dikandung
Saat ibu hamil mendengarkan musik klasik akan berdampak pada tumbuh kembang janin hingga tumbuh dewasa kelak. Suara yang didengarkan saat dalam kandungan dapat ditangkap oleh calon bayi dalam kandungan dan hal ini akan membantunya untuk mempelajari ucapan serta memberi respon yang baik. 
  • Tingkat stress ibu hamil dapat dikurangi
Tak hanya bermanfaat bagi janin, musik klasik sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Karena dengan mendengarkan musik klasik dapat mengurangi stress atau tekanan saat masa kehamilan. Ibu hamil akan mudah terkena stress karena saat masa kehamilan membuat wanita lebih sensitif.


Itulah beberapa ulasan tentang manfaat musik klasik untuk ibu hamil. Musik klasik yang paling sering didengar seperti karya Bach dan Mozart. Tak hanya musik klasik, musik apapun yang memiliki tempo tenang serta beraturan sangat baik untuk wanita hamil.

Apa Benar Musik Klasik Bermanfaat Untuk Ibu Hamil? Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu