Wednesday, 24 August 2016

Usir Ketidaknyamanan Ibu Hamil dengan Perawatan Spa

Advertisement
Wanita hamil pasti mengalami berbagai perubahan fisik yang mengakibatkan ketidaknyamanan termasuk pegal-pegal. Spa ibu hamil merupakan salah satu cara  mengatasinya. Pilihan relaksasi pada spa seperti pijatan tak hanya meredakan kekakuan otot, namun dapat memperlancar sirkulasi darah, sehingga akan tercipta relaksasi pada saraf dan urat.

Manfaat utama dari spa ibu hamil adalah membuat rasa nyaman, sehingga wanita hamil dapat terhindar dari rasa stres yang berkelanjutan. Sebelum melakukan spa, ada baiknya berkonsultasi dahulu ke dokter untuk mengatahui rambu-rambu khusus untuk ibu, mengingat kondisi kehamilan setiap wanita hamil berbeda-beda.

spa ibu hamil

Pilihan Spa Ibu Hamil yang Wajib Dipilih 

  • Pijat
Pemijatan adalah gerakan penekanan serta pengusapan yang gerakannya tak merangsang kontraksi terhadap ibu hamil. Pemijatan boleh dilakukan keseluruh tubuh kecuali perut. Usahakan pemijatan pada wilayah punggung, pinggang serta kaki, karena saat masa kehamilan, bagian-bagian tersebut yang kerap terasa pegal-pegal.

Pemijatan memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, seperti mengurangi pegal-pegal, menurunkan ketegangan otot pada seluruh badan, dapat mengurangi bengkak pada kaki, membantu tidur lebih nyenyak serta memperlancar peredaran darah sehingga asupan pada nutrisi ke janin menjadi lancar.
  • Luluran
Salah satu pilihan spa yang dapat dipilih oleh ibu hamil yakni luluran. Hal ini bertujuan untuk melembutkan kulit yang kasar serta mengangkat berbagai sel kulit mati pada tubuh. Akan tetapi, sebelum memilih luluran sebagai bagian dari spa, coba perhatikan bahan lulur yang dipakai dan usahakan dari bahan-bahan alami agar meminimalisir dampak negatif setelah luluran. Banyak sekali bahan-bahan yang dapat dipilih seperti rempah-rempah dan aromaterapi dan memberikan efek lebih rileks.
  • Creambath
Creambath merupakan salah satu pilihan spa yang bisa dipilih untuk ibu hamil. Creambath merupakan perawatan rambut yang dilengkapi pemijatan lembut pada kulit kepala. Manfaat creambath dapat menyehatkan serta menyegarkan kulit kepala dan akar-akar rambut. Pemijatan saat creambath diyakini dapat memperlancar peredaran darah pada kepala sehingga zat makanan yang diperlakukan pada rambut teresap dengan baik.
  • Berendam
Salah satu pilihan spa yang dapat dipilih untuk ibu hamil adalah berendam. Manfaat berendam untuk merelaksasi tubuh. Suhu air yang ideal untuk berendam adalah yang tak lebih dari 37 Derajat Celcius. Suhu air yang terlalu panas dapat merangsang terjadinya kontraksi. Untuk waktu berendam, cukup 10 menit dengan menggunakan bahan alami seperti susu.
  • Facial Wajah
Saat masa kehamilan, wanita biasanya mengalami perubahan hormon yang menyebabkan kulit wajah nampak lebih kusam bahkan timbul jerawat pada wajah. Facial wajah yang menggunakan krim khusus facial sekaligus pemijatan ringan pada wajah dapat memperlancar peredaran darah serta wajah nampak lebih bersinar.
  • Scrub Tubuh
Scrub tubuh merupakan pilihan spa yang dapat dipilih untuk membuat kulit menjadi lebih bercahaya. Scrub dapat dioleskan ke seluruh tubuh termasuk bagian perut namun perhatikan bahan scrub dan pilih yang aman serta alami.
  • Manicure dan Pedicure
Manicure dan pedicure adalah pilihan spa yang dapat mempercantik penampilan kuku jari, namun tak hanya itu saja, manicure dan pedicure dapat mengembalikan kesehatan pada kuku terutama bagian kutikula. Manfaat lainnya dapat menjaga kesehatan serta kelembapan kulit tangan dan kaki.
Meskipun spa ibu hamil memiliki dampak positif, namun sebaiknya saat melakukan spa setelah melewati trimester pertama. Kurang dari itu, janin masih tahap pembentukan organ tubuh dan sangat rawan serta sensitif. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan spa saat masa kehamilan.

Hal yang perlu diperhatikan melakukan spa untuk ibu hamil

  • Memilih Tempat yang Tepat
Spa untuk ibu hamil memang masih aman asalkan dilakukan oleh tenaga profesinal karena telah mengetahui hal-hal yang dapat berdampak buruk apabila dilakukan secara berlebihan atau penuh tenaga. Pemijatan pada ibu hamil tidak sama dengan memijat wanita yang tidak hamil, untuk itu perhatikan betul tempat yang dipilih saat melakukan spa.
  • Melakukan Spa Setelah Trimester Pertama
Apabila calon ibu ingin melakukan spa, usahakan setelah melewati trimester pertama. Mengapa demikian? Karena pada trimester awal atau tiga bulan pertama, merupakan masa dimana calon ibu sangat rentan terkena keguguran. Untuk itu, perhatikan betul waktu yang tepat saat melakukan spa. lebih baik pada masa kehamilan menginjak trimester kedua akhir atau usia kandungan 4-8 bulanan. Tak hanya janin telah kuat, namun calon ibu juga sudah melewati keluhan-keluhan saat masa kehamilan.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang amankah ibu hamil melakukan spa? Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah wawasan anda serta lebih cermat saat memilih waktu yang pas saat melakukan spa. Tetap hidup sehat ya, bun!

Usir Ketidaknyamanan Ibu Hamil dengan Perawatan Spa Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu