Monday, 19 June 2017

Nih, 11 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Advertisement
Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil - Salah satu buah yang memiliki kandungan air serta nutrisi yang tinggi adalah Semangka. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, kalium dan magnesium yang dibuhan untuk asupan ibu hamil. Semangka juga sangat baik untuk ibu hamil karena mengandung serat yang beguna selama proses kehamilan.

Namun tahukah Anda, bahwa manfaat semangka untuk ibu hamil sangat banyak. Untuk itu, tim tentangibu akan memberikan ulasannya di bawah ini.

semangka untuk ibu hamil

Manfaat Semangka untuk Kesehatan Ibu Hamil

  • Mengatasi Morning Sickness pada usia 1 sampai 4 bulan
Morning sickness merupakan sindrom kehamilan membuat ibu hamil mual atau mundah pada pagi hari. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mengurangi rasa mual serta ingin muntah bagi wanita hamil. Cobalah meminum segelas jus semangka saat pagi hari agar mencegah muah dan muntah saat kehamilan.
  • Mengatasi Masalah Pencernaan
Buah merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak serat di dalamnya. Hal ini diperkuat dengan  khasiat pada buah semangka yang menyejukkan saluran makanan dan pertu. Apabila ibu hamil sedang mengalami keluhan nyeri ulu hati atau asam lambung, cobalah mengkonsumsi semangka untuk mengatasinya permasalahan anda.
  • Meringankan mulas pada wanita hamil
Salah satu keluhan yang bisa terjadi pada ibu hamil adalah rasa mulas. Semangka akan memberikan efek menenangkan perut dan mengatasi masalah percernaan pada wanita hamil.
  • Baik Untuk Janin yang Dikandung
Selain bermanfaat bagi calon ibu, buah semangka juga baik untuk janin yang dikandung. Karena kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada buah ini masuk ke dalam tubuh ibu hamil, secara tidak langsung janin juga mendapatkan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi oleh calon ibu.
  • Mengurang masalah tentang pembekakan saat masa kehamilan
Edema atau bengkak pada tangan atau kaki yang tak berlebihan merupakan kondisi normal saat masa kehamilan. Semangka yang mengandung banyak air dapat mengurangi sumbatan pada pembuluh otot dan darah. Semangka untuk ibu hamil sangat baik untuk mengurangi edema.
  • Ampuh mengurangi dehidrasi
Semangka yang mengandung air yang cukup tinggi merupakan solusi tepat bagi Anda yang mengalami dehidrasi. Ibu hamil juga harus lebih berhati-hati dengan masalah dehidrasi karena dapat menyebabkan kontraksi pada janin. Salah satu cara mengurangi dehidrasi sehari-hari dengan mengkonsumsi buah semangka.
  • Mencegah munculnya pigmentasi kulit
Masalah lain yang terjadi saat masa kehamilan adalah menghitamnya warna kulit pada beberapa bagian atau biasa disebut pigmentasi kulit. Manfaat semangka untuk ibu hamil lainnya adalah dapat membantu melembutkan kulit dan memudahkan sistem pencernaan sehingga dapat mengurangi masalah pigmentasi pada kulit wanita hamil.
  • Jantung Lebih Sehat
Tak hanya pencernaan saja, kesehatan jantung juga dapat terjaga saat ibu hamil mengkonsumsi buah semangka. Zat likopen yang terkandung pada buah semangka berkhasiat untuk menjaga jantung calon ibu dan janin yang di kandungnyanya.
  • Mengurai kram otot
Alasan lain mengonsumsi semangka untuk ibu hamil yaitu kandungan pada buah ini mampu mengurangi dan meredakan kram otot. Buah semangka dapat melemaskan otot dan mengurangi potensi kram bagi ibu hamil.
  • Mengatasi Keluhan Asam Lambung
Keluhan yang banyak di alami oleh wanita hamil yakni asam lambung dan apabila dibiarkan saja maka hal ini dapat berdampak buruk bagi janin yang dikandung dan calon ibu. Sebelum mengkonsumsi obat-obatan, tidak salahnya untuk mengkonsumsi beberapa obat herbal atau alami salah satunya dengan semangka. Karena manfaat buah semangka ini dapat  meredakan asam lambung saat produksinya naik yang di alami oleh ibu hamil.
  • Mengandung Antioksidan yang Banyak
Buah semangka merupakan salah satu suplemen alami yang dapat memerangi berbagai penyakit, karena likopen di dalam buah ini memiliki sifat antioksidan yang cukup tinggi. Khasiat dari antioksidan sendiri dapat memerangi berbagai hal yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh serta dapat mengurangi resiko terkena stroke dan kanker.

Setelah membaca tentang beberapa khasiat buah yang mengandung banyak air ini, pasti calon ibu bertanya-tanya. Apakah ada bahaya ibu hamil makan buah semangka secara berlebihan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Semangka Secara Berlebihan?

Memang benar semua buah sangat baik untuk ibu hamil, akan tetapi apabila di konsumsi terlalu banyak juga tidak baik karena memberikan beberapa efek samping bagi calon ibu.  Dampak  negatif yang pertama yakni kadar gula pada tubuh menjadi tinggi karena buah semangka. Selain itu, rasa mual pada bumil akan muncul apabila semangka yang dikonsumsi tidak segar atau dibiarkan di udara terbuka. Hal ini memicu kadar asam pada semangka menjadi tinggi.

Nah, itulah beberapa manfaat buah semangka untuk ibu hamil beserta informasi lainnya yang perlu Anda ketahui. Namun perlu diperhatikan, bagi ibu hamil mengkonsumsi buah semangka sebaiknya dalam jumlah yang terbatas. Jangan mengkonsumsi semangka yang berada di tempat terbuka, karena hal ini dapat memicu keluhan pencernaan, mudah bahkan muntah.

Nih, 11 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu