Monday, 5 September 2016

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Yuk Simak Informasinya!

Bolehkah ibu hamil makan durian – Siapa sih yang tak mengenal buah durian? Yups, buah ini berasal dari Asia Tenggara yang dikenal karena kulit buah yang keras dan berlekuk seperti duri. Buah durian juga dikenal sebagai King of Fruit karena rasanya yang legit dan manis.

Meski durian mendapat sebutan raja dari segala buah, namun ternyata buah ini tak surut dari kontroversi. Beberapa individu memang menyukainya, namun disisi lain banyak yang mengatakan bahwa mengonsumsi durian dapat membahayakan kesehatan. Dampak negatif ini bahkan lebih terasa apabila Anda mengonsumsinya ketika hamil lho.

Hmmm, mitos atau fakta sih pernyataan tersebut? Bolehkah ibu hamil makan durian? Jika Anda merasa tertarik mengetahuinya, silahkan mengikuti ulasan yang telah disiapkan tim redaksi berikut ini:

Bolehkah ibu hamil makan durian
  • Bolehkah ibu hamil makan durian?
Pertanyaan tersebut pasti terkesan membingungkan, terutama bagi ibu-ibu pecintanya. Apabila memang berbahaya, maka Anda harus rela menahan keinginan untuk tidak memakannya hingga setelah melahirkan. Hmmm, pasti rasanya kurang mantap, ya.

Eits, Bunda tidak perlu khawatir kok sebab ternyata Anda masih dibolehkan untuk mengonsumsi durian meski sedang hamil. Namun tentu saja pengonsumsian ini harus benar-benar dibatasi hingga tak lebih dari tiga biji untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi pada kehamilan.
  • Apa sih kandungan gizi pada durian?
Anda yang telah mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil makan durian pasti dapat bernafas lega ‘kan? Buah durian sebenarnya hampir sama dengan buah lain yang juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan dan perkembangan ibu beserta bayinya, yakni:
  1. Mengandung Zinc yang mampu mendukung kesehatan mata dan jaringan kulit
  2. Memiliki Kalsium yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dan sendi
  3. Mengandung asam amino triptofan yang berfungsi meningkatkan kesehatan saraf serta mengurangi gangguan insomnia
  4. Memiliki kandungan asam folat yang dapat membantu membentuk sel darah merah berkualitas serta berguna bagi perkembangan saraf janin
  5. Mengandung lemak yang bisa berfungsi sebagai cadangan energy
  6. Mengandung potassium yang berguna mengoptimalkan kinerja ginjal
Buah durian pada dasarnya memang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak yang bermanfaat bagi tubuh. Apabila pengonsumsian dilakukan dengan benar, maka buah berduri ini tentunya memberikan kontribusi positif cukup signifikan.
  • Mengapa tidak boleh mengonsumsi durian berlebihan?
Ibu hamil memang boleh mengonsumsi buah durian dalam jumlah terbatas; artinya, Anda tidak boleh memakan buah ini terlalu banyak karena dapat menimbulkan dampak kurang baik bagi tubuh. Bahaya durian bagi ibu hamil cukup menakutkan, salah satunya adalah memperbesar kemungkinan bayi lahir dengan berat kurnag karena mengandung alkohol cukup tinggi.

Kandungan asam arachidonat dalam durian ternyata juga mampu memicu pembentukan prostaglandin dalam tubuh. Senyawa ini apabila masuk dalam tubuh secara berlebihan dapat merangsang kontraksi yang bisa menyebabkan keguguran atau melahirkan prematur.

Durian yang dikonsumsi dalam jumlah cukup besar ternyata juga bisa menaikkan kadar kolesterol tubuh secara signifikan. Bukan hanya itu, durian juga mampu menimbulkan hipertensi yang  sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa ibu maupun sang jabang bayi.

Buah ini ternyata juga mengandung kadar gula cukup tinggi lho. Oleh sebab itu, ibu dengan riwayat diabetes sebaiknya mengurangi pengonsumsian dengan ketat untuk mencegah naiknya gula dalam darah.
Anda kini sudah mengetahui jawaban bolehkah ibu hamil makan buah durian, kan? Mengonsumsi buah tropis ini sebenarnya sah saja sebab durian memiliki kandungan gizi yang berguna bagi tubuh. Meski demikian perlu diingat bahwa Anda tetap harus membatasi diri dan menjaga pola makan sehat untuk memastikan keamanan sang bayi yang berada dalam kandungan. Selamat menyantap durian, ya.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Yuk Simak Informasinya! Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu