Wednesday, 17 August 2016

11 Manfaat Dasyat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah apel untuk ibu hamilWanita yang sedang hamil memerlukan nutrisi yang cukup untuk kesehatan tubuh ibu maupun bayi yang dikandungnya. Sebab, pada dasarnya energi yang masuk ke tubuh ibu hamil dibagi dua dengan janinnya.

Maka dari itu, perlulah memilih secara cermat untuk memilih makanan yang bergizi termasuk juga buah-buahan. Salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi adalah apel. Manfaat apel masuk di peringkat ke-12 dari 100 buah bernutrisi tinggi, lho!

Nah, maka dari itulah buah apel ini dapat dimasukkan dalam daftar buah-buahan sehat. Buah yang mengandung berbagai macam vitamin ini dapat dijadikan salah satu buah yang wajib dikonsumsi oleh wanita hamil. Ingin tahu apa saja manfaat buah apel untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasan berikut!

manfaat buah apel untuk ibu hamil

Beragam Manfaat Apel Bagi Ibu Hamil

  • Kaya Antioksidan
Buah yang disebut sebagai buah yang seksi karena warna merahnya ini, ternyata berperan penting sebagai antioksidan dalam tubuh, lho. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, apel juga berfungsi untuk membasmi racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh. Kandungan antioksidan flavonoid dan polyphenolic dalam apel ini terbukti dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan, terutama untuk ibu hamil.
  • Mengatasi Sembelit
Masalah pencernaan pada ibu hamil memang tak ada habinya. Ibu hamil memang sering mengalami masalah pencernaan, salah satunya adalah sembelit. Sembelit ini disebabkan karena kurangnya serat. Bila dibiarkan, masalah sembelit ini bisa membahayakan janin karena zat racun tak dapat keluar. Nah, salah satu manfaat apel adalah mengatasi sembelit. Serat yang terkandung dalam apel, banyak membantu melancarkan pencernaan.
  • Meminimalisir Tekanan Darah Tinggi
 Tak hanya perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil, namun perilaku juga berubah seperti mudah emosional. Apabila hal ini dibiarkan saja akan mengakibat tekanan darah menjadi tidak stabil dan kemungkinan buruknya akan menjadi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tips mengatasi keluhan selama kehamilan ini yakni dengan mengkonsumsi buah apel.

Buah apel memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh ibu hamil yakni menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini akan membantu mengontrol tekanan darah menjadi lebih normal dan tidak mudah emosional apabila buah ini dikonsumsi secara teratur.
  • Membantu Mengurangi Keluhan Kaki Bengkak
Saat wanita hamil, perubahan fisik tak hanya pada bagian perut saja namun terjadi perubahan pada beberapa bagian tubuh lainnya. Hal ini akan membuat calon ibu menjadi tak nyaman karena anggota tubuh lainnya membesar, terutama pada di area kaki. Cara alami mengatasi kaki bengkak saat masa kehamilan yakni dengan mengkonsumsi buah apel.
Selain mengurangi pembengkakan pada bagian kaki, siku, tangan dan anggota tubuh lainnya yang kerap terjadi pada ibu hamil, mengkonsumsi apel secara teratur dapat menyehatkan janin yang dikandung dan calon ibu. 
  • Meningkatkan Nafsu Makan
Saat wanita sedang hamil, nafsu makan akan terasa menghilang. Pengalaman tersebut cukup normal bagi calon ibu yang sedang mengandung calon si buah hati. Apabila bumil ingin memunculkan nafsu makan kembali, cobalah memakain apel hijau atau makanan olahan dari buah ini.
  • Pencegah Kerusakan DNA
Saat kehamilan, badan wanita akan mengalami pergerakan badan menjadi lebih terbebani. Hal ini akan menyebabkan kerusakan DNA, lebih parahnya apabila dibiarkan akan mengakibatkan penyakit kanker. Khasiat apel hijau dapat membantu mencegah kerusakan DNA pada calon ibu karena mengandung banyak antioksidan didalamnya.
  • Membantu Perkembangan Janin yang Sehat
Apel dapat membantu menyehatkan janin Anda. Kandungan nutrisi dalam buah apel dapat membantu janin berkembang dengan baik. Selain itu, dengan mengonsumsi apel, Anda juga dapat menjauhkan janin dari serangan asma yang memang terkadang terjadi pada bayi dalam kandungan. Tak ada salahnya bukan menjadikan buah apel ini sebagai salah satu konsumsi wajib ibu hamil?
  • Membantu Mengatasi Nyeri Saat Kehamilan
Wanita akan merasa nyeri saat masa kehamilan datang. Rahim akan semakin membesar dan memberikan banyak tekanan pada tubuh bumil. Mengkonsumsi apel hijau secara teratur di masa kehamilan dapat membantu meringankan rasa nyeri serta pegal-pegal saat proses kehamilan.
  • Kesehatan Hati Semakin Terjaga
Kompilasi parah pada ibu hamil dapat terjadi karena disebabkan sekresi empedu yang berlebih dari hati. Apabila dibiarkan akan mengakibatkan kelahiran secara prematur. Untuk itu konsumsilah apel hijau karena sangat baik bagi kesehatan hati dan pencegah masalah yang berhubungan.
  • Mengatasi Mual Pada Masa Kehamilan
Keluhan utama yang dialami ibu hamil pada bagian perutnya karena selain perubahan pada area tersebut, namun efek mual karena asam lambung semakin meningkat. Cara alami mengatasi hal ini adalah dengan mengkonsumsi apel secara rutin atau setiap hari. Karena khasiat buah apel yakni dapat menurunkan asam lambung. Sehingga rasa mual yang dialami ibu hamil dapat teratasi.
  • Diet Sehat Ibu Hamil
Pepatah “An apple a day keeps the doctor away” mungkin memang benar, ya. Karena, buah apel memang dapat memberi nutrisi yang tepat untuk tubuh terutama untuk ibu hamil agar tak terserang obesitas. Obesitas dan diabetes rawan menyerang ibu hamil. Maka dari itu, untuk mengatasinya, buah apel juga dapat menurunkan kadar kolestrol dan memberikan nutrisi yang tepat bila dikonsumsi rutin dan tak berlebihan.

Nah, ternyata manfaat buah apel untuk ibu hamil sangat dahsyat, ya. Ibu hamil yang butuh nutrisi sehat dan cukup, memang memerlukan buah apel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya, ya!

11 Manfaat Dasyat Buah Apel Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Posted By: tentang ibu